Sabtu, 27 September 2014

Sistem Ekskresi Ginjal

Dalam kehidupan sehari-hari manusia melakukan berbagai aktivitas.  energi untuk melakukan aktivitas tersebut berasal dari proses metabolisme dalam tubuh.  metabolisme dalam tubuh manusia tidak hanya menghasilkan zat-zat yang berguna bagi tubuh tetapi juga menghasilkan zat sisa.  zat sisa tersebut dinamakan zat sisa metabolisme tubuh.  zat-zat sisa tersebut kemudian dikeluarkan oleh tubuh melalui suatu sistem yang disebut sistem ekskresi. pengeluaran zat-zat ini harus dilakukan karena zat tersebut bersifat racun bahkan bisa menyebabkan kematian bila tidak dikeluarkan dalam tubuh.

sistem ekskresi manusia terdiri atas alat-alat ekskresi.  organ-organ ekskresi manusia berupa ginjal, kulit, hati, dan paru-paru.

1.  ginjal



 
a.  letak ginjal

ginjal terletak di sebelah kiri dan kanan ruas tulang pinggang di dalam rongga perut.  letak ginjal kiri lebih tinggi daripada ginjal kanan karena diatas ginjal kanan terdapat hati yang menempati sebagian besar ruang di rongga perut.

b.  fungsi ginjal

  1. membuang sisa metabolisme seperti urea, asam nitrat, kreatinin, kreatin, obat-obatan, dan zat lain yang bersifat racun.
  2. menjaga keseimbangan air dalam tubuh dengan mengatur volume plasma darah dan volume air.
  3. mengatur kandungan elektrolit dengan menyaring zat-zat kimia yang masih berguna bagi tubuh dan mengembalikannya ke saluran peredaran darah.
  4. menjaga asam basa cairan darah dengan mengatur pH plasma dan cairan tubuh dengan mengekskresikan urin yang bersifat basa atau urin yang bersifat asam.
  5. menjaga tekanan osmosis dengan cara mengatur ekskresi garam-garam, yaitu membuang jumlah garam yang berlebihan dan menahan garam apabila jumlahnya berkurang.
  6. menjalankan fungsi sebagai hormon. 

 c.  struktur ginjal

ginjal tersusun atas tiga bagian, yaitu korteks, medula, dan pelvis.  korteks merupakan bagian luar ginjal.  sementara itu, bagian sebelah dalamnya disebut medula.  pelvis merupakan bagian dalam dengan ruang kosong.
pada bagian korteks terdapat nefron. pada manusia terdapat sekitar satu juta nefron.  setiap nefron terdiri atas badan malpighi dan saluran nefron.  badan malpighi mengandung glomerulus yang diselubungi oleh kapsula bowman.  glomerulus berupa anyaman pembuluh kapiler darah, sedangkan kapsula bowman berbentuk cawan berdinding tebal yang mengelilingi glomerulus.  glomerulus ini berhubungan dengan  arteriola aferen dan arteriola eferen.  saluran ginjal terdiri atas kapsula bowman, tubulus proksimal, lengkung henle, dan tubulus distal.
pada medula terdapat piramida ginjal dan piala ginjal yang mengandung pembuluh-pembuluh yang berfungsi untuk mengumpulkan hasil ekskresi.

d.  gangguan atau penyakit ginjal
  1. batu ginjal 
  2. diabetes melitus 
  3. gagal ginjal kronis
  4. nefritis
  5. glomerulonefritis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar