Selasa, 07 Oktober 2014

Soimah

Soimah Pancawati (lahir di Pati, 29 September 1980; umur 34 tahun) adalah penyanyi dan pembawa acara asal Yogyakarta. Tak hanya ahli dalam bidang kesenian Jawa, Soimah juga seorang rapper dan lady rocker. Dirinya sudah terbiasa dengan campursari, sinden, ketoprak, pop Jawa, hip hop, serta Presenter, dan dagelan. Soimah kecil dibesarkan oleh keluarga sederhana di sebuah desa pesisir di kecamatan Tayu, Pati Jawa Tengah.

Daftar isi

Karier dan Bakat Seni

Bakat seni telah mengalir dalam diri Soimah. Tantenya, M. M. Ngatini, adalah istri dari pemilik padepokan tari Bagong Kussudiardjo yang ada di Jogjakarta. Tantenya tersebut lah yang selalu menyarankan agar Soimah bergaul dengan berbagai komunitas seni. Setelah lulus SMP, Soimah memutuskan melanjutkan pendidikan di SMKI (Sekolah Menengah Karawitan Indonesia) jurusan karawitan. Kemampuan vokal Soimah menjadi alasan dia sering memenangkan lomba kesenian seperti Juara 1 lomba nyanyi Bintang Karaoke Dangdut se Jateng-DIY, Juara 1 Bintang Televisi dan Juara Dara Ayu.
Karir Soimah sebagai sinden semakin melambung ketika dirinya bergabung dengan Jogja Hip Hop Foundation. Bersama komunitas seni tersebut, Soimah menjalani tur dunia untuk yang pertama kalinya, pada 14 Mei 2011. Dari situlah ia memulai karir di dunia hiburan Indonesia. Karir pertamanya di dunia pertelevisian terjadi di ANTV. Saat itu ia menjadi penyanyi latar di acara Seger.
Sosok Soimah tidak hanya terkenal karena suaranya. Pembawaan kocak artis ini membuatnya seringkali didapuk menjadi komedian. Selain itu, kepiawaiannya dalam melawak juga membuatnya mendapat program talk show pribadinya, @Show_Imah. Ia juga sering muncul di televisi pada beberapa acara seperti Indonesia Mencari Bakat, Comedy Project dan Opera Van Java.

Kehidupan pribadi

Soimah Pancawati adalah aktris multitalenta Indonesia kelahiran Pati, Jawa Tengah, 29 September 1980.
Anak kelima dari 7 bersaudara pasangan penjual ikan (alm) Hadinarko & (almh) Kasmiyati ini menikah dengan Herwan Prandoko (koko) pada 27 Desember 2002 dan telah dikaruniai 2 putra yaitu, Aksa Uyun Dananjaya dan Diksa Naja Naekonang.

Konflik dengan Farhat Abbas

Setelah Caisar, Farhat juga berseteru dengan Soimah. Ia menuturkan lewat akun twitternya, agar Soimah sadar. Karena pada awalnya, Soimah terkenal dengan busana kebayanya. Sekarang, mengisi acara YKS, menurut Farhat itu adalah perbuatan yang lupa diri. Namun, dalam hal ini, Farhat justru membela Olga Syahputra.[1]

Acara-Acara TV

Iklan

Lagu

  • Pelet Cinta (2014)

Penghargaan

Tahun Award Kategori Hasil
2013 Panasonic Gobel Awards 2013 Presenter Talkshow Hiburan Nominasi
2014 YKS Romantic Award 2014 Pasangan Teromantis Nominasi
2014 Panasonic Gobel Awards 2014 Presenter Program Hiburan Nominasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar